Pages

 

Definisi Hijacking

0 komentar
Merupakan kejahatan yang melakukan pembajakan hasil karya orang lain. Hal yang sering terjadi adalah pembajakan perangkat lunak (software provacy), dan jejaring social sperti facebook, dll. Contoh kasusnya adalah :
  1. Pada bulan Juli 2011 yang lalu, seorang teman di Belanda kehilangan 4.000 euro dari rekening bank-nya. Usut punya usut oleh pihak bank dan kepolisian, ternyata telah terjadi kasus phising dengan cara membuat sebuah website yang mirip dengan website bank. Kasus di atas adalah salah satu contoh kriminalitas yang menggunakan Internet sebagai alat untuk berbuat kejahatan. Dengan berkembangnya jumlah pengguna Internet baik dalam skala nasional maupun global, kewaspadaan dalam berinteraksi dan bergaul di dunia maya menjadi prioritas penting sebab tindak kejahatan Intenet bisa menyerang siapa saja, kapan saja dan di mana saja. Oleh sebab itu, perlu kewaspadaan dalam berinteraksi di dunia maya. Pelaku kejahatan bisa memiliki berbagai cara untuk mencari mangsa dengan memanfaatkan Internet. Misalnya, media massa sering memberitakan kasus penculikan dengan memanfaatkan jejaring sosial Facebook.

Selain itu, banyak pelaku kejahatan juga memanfaatkan Facebook atau akun email untuk melakukan penipuan dengan cara membobol akun yang bersangkutan dan mengirimkan berita palsu ke rekan-rekan pemilik akun tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
AMIK ( EPTIK ) © 2013 | Jakarta Barat | Indonesia